Resep Nasu Palekko Ayam Khas Pinrang

Advertisement


Resep Nasu Palekko Ayam Khas Pinrang ini adalah salah satu resep kuliner nusantara yang unik dan lezat. Pinrang adalah nama salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang sangat terkenal dengan Nasu Palekko-nya. Nasu Palekko adalah salah satu menu favorit masayarakat Pinrang apalagi saat bulan Ramadhan atau Lebaran tiba. Nasu Palekko menjadi resep masakan wajib disana. Masakan ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan juga proses pembuatan yang sangat praktis. Bagi yang ingin mencoba kelezatannya dan belum sempat berkunjung ke Pinrang, silahkan simak resep masakan yang kita sajikan kali ini.

Nasi Palekko asal Pinrang sebenarnya menggunakan itik sebagai bahan utamanya. Itik yang digunakan adalah itik muda yang memiliki tekstur masih lembut. Untuk menghilangkan bau amis pada daging itik biasanya digunakan asam jawa sebagai penetralisirnya. Namun kadang kita kesulitan mendapatkan daging itik sehingga pada contoh resep nasu palekko kita kali ini, kita gunakan daging ayam sebagai bahan dasar. Daging ayam lebih mudah didapat dan rasa yang dihasilkan pun tidak kalah sama nasi palekko itik. Bagi yang ingin mencoba silahkan ikuti petunjuk Resep Nasu Palekko Ayam Khas Pinrang berikut ini,

Nasu Palekko Ayam

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam muda, bersihkan itik lalu potong kecil-kecil
  • 2 sdt garam
  • 1 buah jeruk nipis
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • 200 ml air asam jawa
  • 300 ml air
  • 5 sdm minyak goreng
  • 10 siung bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 30siung cabe rawit hijau yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt kunyit bubuk

Cara Membuat Nasu Palekko Ayam :

  1. Ambil ayam muda yang sudah dipotong-potong kemudia lumuri dengan air jeruk nipis dan 1 sdt garam. Diamkan itik selama sekitar 10 menit agar bumbu meresap. Setelah 10 menit berlalu, cuci daging itik di bawah air yang mengalir kemudian tiriskan.
  2. Baluri itik dengan 100 ml air asam jawa, 1/4 sdt kaldu ayam bubuk dan juga garam yang tersisa. Remas-remas daging itik kemudian diamkan kembali selama sekitar 10 menit.
  3. Siapkan wajan dan  tuang minyak goreng. Masukkan ayam serta bumbu perendam. Aduk hingga rata dan terus masak sampai daging ayam berubah warna. Tuangkan air dan kemudian masak sampai daging ayam benar-benar empuk.
  4. Tuangkan sisa air asam jawa, bawang merah, cabe rawit hijau, kunyit bubuk, sisa kaldu ayam bubuk dan kemudian aduk sampai merata. Masak terus hingga air menyusut.
  5. Saat daging ayam matang merata dan kuah menyusut, matikan api. Angkat masakan dari wajan.
  6. Siapkan mangkuk saji dan Nasu Palekko Ayam siap disantap.

Resep Nasu Palekko Ayam Khas Pinrang sangat mudah membuatnya dan bisa dijadikan salah satu alternatif menu masakan bagi keluarga tercinta. Biarkan mereka mendapatkan cita rasa dari seluruh negeri supaya betah makan dirumah dan tidak bosan. Coba juga resep masakan lainnya seperti resep seblak basah kerupuk ceker dan resep cumi panggang sayuran yang tak kalah lezatnya hanya di resepmakan.info.

Advertisement